Monday, October 22, 2012

Gubernur Bali Rancang Program Gerbang Sadu

Denpasar, 3/1 (Seputarbali.com) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan, pihaknya merancang program gerakan pembangunan desa terpadu (Gerbang Sadu) pada 2012.

"Untuk tahap awal akan dipilih lima desa di Bali sebagai proyek rintisan dalam program ini," kata gubernur di Denpasar, Selasa.

Seusai pelantikan pejabat struktural eselon I dan II itu, ia mengatakan, masing-masing desa akan diberikan bantuan dana sebesar Rp1 miliar.

Menurut dia, bantuan tersebut dimaksudkan untuk menggerakkan perekonomian pedesaan setempat yang selama ini masih tetap di bawah garis kemiskinan.

"Seperti apa nanti program kegiatannya, kita akan bahas segera. Yang jelas tujuannya menggerakkan perekonomian desa bersangkutan," katanya Gubernur Pastika.

Dikatakan, kriteria desa yang akan dipilih, antara lain angka kemiskinannya mencapai di atas 35 persen, juga faktor sumber daya manusia yang sangat minim.

Berdasarkan data saat ini, dari 706 desa yang ada di Bali, masih tercatat 82 desa yang tergolong miskin.

Selain program Gerbang Sadu ini, kata Mangku Pastika, program yang selama ini sedang berjalan di antaranya bedah rumah dan sistem pertanian terpadu (simantri) serta jaminan kesehatan Bali Mandara (JKBM) tetap dilanjutkan.

"Program untuk mengentaskan kemiskinan tersebut tetap dilaksanakan, dan hal itu sudah terbukti bermanfaat bagi warga. Seperti JKBM, sebelum ada program ini warga masyarakat kurang mampu enggan untuk memeriksakan penyakitnya ke puskesmas atau ke rumah sakit pemerintah," ujarnya.

Alasannya, kata dia, karena mereka tidak memiliki biaya untuk berobat dan mereka lebih banyak membiarkan sakitnya begitu saja.

"Tetapi sekarang dengan program JKBM, warga kurang mampu tidak perlu lagi ragu untuk datang ke puskesmas atau ke rumah sakit daerah sebab tidak dikenakan biaya atau gratis," kata Mangku Pastika.(ant)

No comments:

Post a Comment